collections..

Senin, 01 Februari 2010

PENGEMBANGAN INDIKATOR DAN PENILAIAN KEGIATAN WARUNG OBAT DESA PDF Print E-mail Written by Sudibyo Supardi, Raharni, Yuyun Yuniar

Pendahuluan:

Visi Depkes dalam rangka mencapai visi Indonesia sehat 2010 adalah “masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat”. Sedangkan misi Depkes adalah “Membuat masyarakat sehat”, yang akan dicapai antara lain melalui strategi menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat, serta meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. Berkaitan dengan strategi tersebut, sasaran terpenting yang ingin dicapai adalah “pada akhir tahun 2008 seluruh desa telah menjadi desa siaga” 1).

Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawat daruratan kesehatan secara mandiri. Pengertian Desa disini dapat berarti kelurahan atau nagari atau istilah-istilah lain bagi satuan administrasi pemerintahan setingkat desa. Kriteria desa siaga adalah desa yang telah memiliki sekurang-kurangnya sebuah pos kesehatan desa 2)

Write Comment (0 comments) Read more...

0 komentar: